Sea Quill Blog Contest

Seoconia - Acer Iconia SEO Contest
Internet Sehat

Solo Bermusik Jazz

            Lebaran di Kota Solo lebih berwarna dengan hadirnya pentas musik jazz “Jazzin’ Lebaran #3” (3/9). Event ini adalah kali ketiga yang diselanggarakan oleh komunitas musik Solo Jazz Society, sebuah wadah berkumpulnya musisi-musisi dan penikmat musik yang berkembang dari New Orleans, Amerika Serikat di awal abad 20 ini, diadakan setiap tahun.
            Event Jazzin’ Lebaran #3 tahun ini bertempat di Balai Sudjatmoko, Kompleks Toko Buku Gramedia Jalan Slamet Riyadi, yang merupakan Bentara Budaya Solo. Terdapat 9 band performer yang tampil di acara ini. Mereka kebanyakan adalah musisi muda. Ini menghapus pandangan bahwa musik jazz hanya untuk orang tua. Nyatanya ada banyak musisi jazz yang berusia SMA bahkan ada yang masih Sekolah Dasar dan mampu membawakan lagu jazz dengan aksen jazz yang jelas terasa.

Penampilan Jazz'elicious,  salah satu band di acara Jazzin' Lebaran #3 di Balai Sudjatmoko Solo (3/9)
            Ada banyak sub-genre yang dibawakan oleh performer-performer pentas jazz ini. Seperti band Jazz’elicious yang membawakan komposisi irama Latin dan Fussion dalam lagu ‘Simple’ dan ‘Rio Funk’ dengan cabikan bass yang dominan. Dan Cati Quartet menampilkan lagu-lagu dengan nuansa Jazz Swing yang apik. Ada juga band dari Jakarta- Condet Quartet yang membawakan lagu-lagu jazz dengan campuran modern tanpa menghilangkan unsure asli dari sub-genre dari musik mereka.
            Event ini diadakan juga sebagai sarana berkumpulnya musisi-musisi jazz solo yang tinggal di luar kota saat mereka pulang kampung. Bahkan ada kumpulan reuni yang mengagendakan hadir di acara ini. Seperti yang dilakukan oleh Reuni Alumni SMA Al-Islam 1 Solo angkatan ’87 yang duduk lesehan di sisi kiri panggung.
(Vilya Lakstian)

1 comments:

Anonim mengatakan...

Good job vil
ini rohmat
kunjungi ya kesematustik.blogspot.com
hehehe
musik konservatif hlo....
nuwun

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter