Sea Quill Blog Contest

Seoconia - Acer Iconia SEO Contest
Internet Sehat

Perguruan Tinggi Untukku

Ujian Nasional (UN) telah didepan mata, tinggal menghitung hari untuk menghadapinya dengan kesiapan yang mantap dan semangat agar bisa lulus. Tentu adik-adik dibangku SMA khususnya akan memilih untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi (PT). Karena keputusan mereka sebelumnya ketika memilih SMA adalah agar dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.
Beberapa bulan sebelum melaksanakan ujian nasional, banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mempromosikan ke sekolah-sekolah. Mereka menawarkan berbagai macam program, seperti program beasiswa, presentasi , ujian masuk atau penerimaan mahasiswa dari bakat dan keahlian dari siswa seperti dibidang olahraga, kesenian dan akademik. Pilihan ini menjadi kesempatan yang baik bagi mereka yang berprestasi sehingga apa yang telah mereka perjuangkan selama ini dapat tercapai yaitu masuk perguruan tinggi favorit, tetapi jangan lupa juga dengan tujuan utama anda sebagai siswa yaitu lulus UN. Anda akan bisa masuk universitas jika sudah lulus UN. Memang, hal ini menjadi terlihat sulit saat saya mengalaminya, karena harus pintar membagi waktu. Tetapi jadikan impian kita masuk PT sebagai pemacu semangat dalam menghadapi UN. Semua akan mudah jika kita belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak menjadikannya sebagai sesuatu yang menakutkan.

Pilihan Perguruan Tinggi
Saat kita menentukan pilihan PT tentu pilihan tersebut berasal dari berbagai pihak baik itu pribadi, keluarga atau orang lain. Yang menjadi pilihan utama adalah berasal dari diri pribadi karena pilihan ini berdasarkan dari kemampuan setiap individu. Berikutnya, adalah berasal dari orang tua yang mengerti kemampuan putra-putrinya sejak kecil dan sumber ekonomi yang akan membiayai studi kita. Setelah mendapatkan pilihan pribadi sebaiknya juga didiskusikan dengan baik bersama keluarga atas alasan yang telah disebutkan tadi. Pilihan yang berasal dari orang lain adalah hanya sebagai masukan dan pendapat saja, jangan sampai mempengaruhi atau malah menggoyahkan pilihan pribadi anda.
Latar belakang pilihan PT tersebut juga menjadi pertimbangan dalam memilih program studi (prodi) anda berikutnya. Dengan melihat keunggulan dari PT tersebut dan kemampuan anda untuk memasukinya dimana anda akan bersaing dengan banyak calon mahasiswa disana. Pilihan PT tersebut juga melihat fasilitas yang ditawarkan. Apakah fasilitas disana sudah cukup atau tidak sesuai dengan keinginan kita.

Anda LULUS !!
Lalu tiba saat pengumuman kelulusan. Dan anda dinyatakan LULUS !!! Pasti anda merasa begitu bahagia. Ini saatnya anda menyusun strategi untuk masuk PT favorit jika anda memilih untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kecuali jika anda sudah diterima melalui program-program penerimaan mahasiswa baru yang telah diikuti sebelum UN, hanya tinggal menunggu OSPEK saja dan pengumuman lain sebelum masuk. Sebelum mengikuti SNMPTN ada banyak cara untuk menghadapinya, bisa dengan belajar mandiri atau mengikuti bimbingan belajar tambahan. Biasanya kebanyakan orang membeli buku soal-soal SNMPTN yang isinya adalah soal-soal dari tahun ke tahun. Anda akan mendapati pengetahuan-pengetahuan baru ketika belajar untuk menghadapi ujian-ujian masuk perguruan tinggi negeri ini. Anda akan merasakannya, akan terasa menyenangkan.

Universitas Islam
Ada baiknya juga anda melihat universitas islam yang dikelola oleh Departemen Agama. Universitas-universitas ini juga merupakan universitas negeri. Prodi yang ditawarkan juga sudah umum seperti bahasa, ekonomi, komunikasi, teknologi dan informatika dan lain-lain. Pada program studi Sastra Inggris misalnya, mereka juga menerapkan berbahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari mereka di kampus sampai dalam kegiatan di kantor dosen. Universitas ini juga menawarkan program beasiswa dalam penerimaan mahasiswa baru dan beberapa telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri sehingga program pertukaran pelajar dapat berjalan. Tentu bisa menjadi alternatif pilihan anda.


Setelah Diterima
Setelah anda diterima di PT idaman, susun rencana untuk menghadapi kegiatan perkuliahan berikutnya. Ada banyak rencana baik itu dari mental, perlengkapan, materi dan masih banyak lagi, anda yang akan mengetahuinya lebih lanjut. Saat perkuliahan telah dimulai, gunakan fasilitas kampus dengan baik karena ini yang akan membantu menunjang kegiatan studi anda. Fasilitas seperti organisasi kampus ada baiknya juga anda coba. Hampir sama dengan OSIS, tetapi pelaksanaannya lebih nyata. Contoh, jika anda mengikuti organisasi musik kampus, anda akan merasakan bagaimana mendapat bekal musik baik teori atau praktik dan menjadi Event Organizer (EO) sesungguhnya dimana anda akan menyelenggarakan event-event rutin setiap tahun.
Selalu ingat bahwa tujuan anda kuliah adalah untuk mendapatkan ilmu. Jangan sampai kegiatan ini mengacaukan perkuliahan anda. Tetap jadikan kuliah nomor satu, tetap belajar yang rajin dan selalu berdoa karena bagaimanapun juga kita memerlukan Tuhan YME untuk menuntun kita menuju kesuksesan, dengan begitu anda akan menjadi mahasiswa yang berprestasi.

(Vilya)

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter