Sea Quill Blog Contest

Seoconia - Acer Iconia SEO Contest
Internet Sehat

Pementasan Drama Bahasa Inggris di IAIN Surakarta (PRESS RELEASE)


PRESS RELEASE

            Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta kembali menghadirkan pementasan drama berbahasa Inggris. Ini adalah pementasan keenam kalinya diselenggarakan di kampus ini. Pementasan drama berbahasa Inggris ini berjudul “Make Up Make Down & To Sell Celebrities” yang akan dipentaskan di Gedung Pasca Sarjana lantai 4 IAIN Surakarta pada hari Kamis, tanggal 7 Juni 2012 dimulai pukul 19.30 WIB.
            Pementasan drama ini adalah bentuk kreatifitas mahasiswa dari program studi Sastra Inggris semester enam dalam meng-aplikasikan  mata kuliah drama 2 yang telah mereka ambil untuk dipertunjukkan bagi umum. Mereka mengatur semuanya sendiri dari panggung, property, publikasi hingga akting.
            Tema yang mereka ambil kali ini mengangkat fenomena sosial yang terjadi di masyarakat kita. Drama ini menjadi lebih menarik karena mereka dengan kreatif menggabungkan dua judul yang berbeda menjadi satu jalan cerita yang bersambung dan logis. Terdapat dua sutradara pada drama ini untuk mengatur akting dari “Make Up Make Down” dan “To Sell Celebrities”. Dan mereka berhasil untuk menggabungkannya.
            “Make Up Make Down” menceritakan tentang seorang tokoh yang telah menikah – Lucille,  memiliki perhatian yang lebih pada sesuatu yang menjadi hal terpenting bagi kaum hawa yaitu kecantikan. Salah satu yang paling awal terpikirkan adalah cara untuk membuatnya tampil cantik, yaitu dengan make up. Ternyata pada kenyataannya, penggunaan make up tidak membuatnya percaya diri dan puas. Tetapi justru membuatnya semakin kurang dan kehilangan dirinya. Inilah yang membuatnya menjadi tokoh yang kurang bersyukur terhadap apa yang telah dimilikinya. Hal ini menjadi tugas yang berat bagi suaminya – Lloyd, dalam menghadapi sikap istrinya.
            Cerita ini berlanjut ke “To Sell Celebrities” yang mengisahkan dua aktor yang akan tampil. Drama ini juga merupakan kritik sosial yang terjadi saat ini, dimana seorang artis menjadi benda yang dijual dan diperdagangkan. Bukan dari seni yang disuguhkan kepada pemirsanya. Artis menjadi seorang yang selalu diharuskan tampil sempurna, khususnya dalam hal penampilan. Disisi lain, mereka tidak hanya menjual penampilan tetapi juga popularitas. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika dua aktor sama-sama saling bersaing padahal mereka bisa menjadi partner yang baik untuk menghasilkan karya yang terbaik.

Drama untuk belajar Bahasa Inggris
            Pementasan drama ini diharapkan tidak hanya menjadi sekedar pertunjukan seni saja. Tetapi juga menjadi media pembelajaran dalam berbahasa Inggris. Ada banyak cara digunakan orang-orang untuk belajar bahasa Inggris, salah satunya adalah dalam penampilan drama. Ketika menyaksikan pementasan drama bahasa Inggris, kita tidak hanya mengetahui kosa kata, tetapi juga ekspresi dan praktiknya secara nyata dalam gerakan-gerakannya.

                                                                   Vilya Lakstian C.M
                                                                             Humas

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter