Sea Quill Blog Contest

Komunikasi Menuju Kecerdasan Nasional

Kehidupan modern, tidak akan terlepas dari komunikasi yang semakin berkembang setelah ditemukannya tulisan. Kehidupan inilah sejarah berawal. Kebalikannya, adalah pra-sejarah yang terjadi sebelumnya, saat belum ditemukannya tulisan. Komunikasi begitu penting dimana manusia adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, butuh bantuan dari manusia yang lainnya. Komunikasi berfungsi untuk menjembatani antara pikiran baik itu perintah, ajakan, pertanyaan, opini dan lain-lain, dari individu kepada yang lain sehingga mereka dapat saling merespon.

Dalam perkembangannya, komunikasi tidak hanya ditujukan untuk orang-orang disekitar saja tetapi juga dengan yang di luar daerah. Sampai akhirnya hadir alat komunikasi yaitu telepon setelah ditemukannya radio untuk komunikasi jarak jauh. Ternyata alat ini juga sangat dibutuhkan oleh orang yang memiliki mobilitas yang tinggi. Untuk mendukung aktifitasnya, hadirlah telepon genggam yang sering kita sebut HP ini. Kehadirannya memungkinkan orang dapat menelepon, mengirim pesan teks, mengirimkan gambar, tukar-menukar data dan lain-lain.


HP dan Operator Selular
Secanggih apapun HP nya, fitur-fitur ini tidak dapat terjalin tanpa partisipasi dari jasa penyedia layanan yaitu operator. Karena merekalah yang memberikan sinyal kepada alat komunikasi ini sehingga mampu melakukan panggilan kepada pengguna lain.
Di Indonesia, Telkomsel adalah operator pertama yang menjawab keinginan masyarakat untuk berkomunikasi dimana pertama kali diluncurkan pada 26 Mei 1995. Dengan bekerjasama dengan 180 negara (akhir Maret 2009) dan jaringan yang luas menjangkau hampir seluruh wilayah indonesia, keunggulannya sudah dapat kita bayangkan.

Dunia akan tidak terbatas, komunikasi menjadi lebih dekat dengan orang-orang yang tinggal bermil-mil jauhnya. Kehadiran GPRS, Wi-Fi, membuat pengguna semakin tetap terhubung dengan dunianya. Apalagi Telkomsel telah mendukung teknologi 3G, fitur ini akan semakin membuat jangkauan semakin luas termasuk fasilitas video call yang membuat aktifitas menelpon semakin meriah karena tidak hanya suara, tetapi kita dapat melihat lawan bicara kita dilayar HP dengan kamera yang ada.


Jaringan Komunikasi Dan Kecerdasan Bangsa
Ternyata dari berbagai fitur yang ada di HP ini tidak hanya berguna bagi kebutuhan pengguna tetapi juga merupakan suatu proses perjalanan menuju pemerataan pendidikan. Dengan kemudahan memperoleh berbagai informasi, jika digunakan dengan baik akan menambah wawasan juga bagi yang lain.

Jaringan ini seperti layaknya ketika listrik memasuki desa, aktifitas penduduk kemudian akan berkembang, tidak ada lagi yang belajar dengan lampu minyak, penerangan jalan semakin baik, bergeraknya industri rumah, tidak ada yang kesulitan mengambil air untuk perairan sawah dan lain-lain. Begitu juga dengan jaringan komunikasi, dengan kehadiran internet apalagi fitur ini telah mampu dikerjakan oleh telepon genggam, kemudahan untuk mencari referensi, berita dan data-data begitu sangat mudah. Tugas mencari referensi untuk sekolah hanya beberapa klik saja.

Kelancaran dalam menelepon dan berkirim pesan membuat kita saling mengerti apa yang sedang terjadi pada saudara kita di kota yang jauh, bagaimana perkembangan kota yang dituju, bagaimana mendistribusikan bahan-bahan pokok dan buku sekolah menuju tempat seseorang yang menelepon kita, bimbingan guru sekolah terhadap muridnya melalui telepon sehingga guru tersebut mengerti lebih dalam tentang apa permasalahan yang dialami muridnya dan lain-lain.

Begitulah ketika kita telah memasuki era telekomunikasi, banyak manfaat yang dapat kita dapatkan darinya. Ketika alat komunikasi seperti telepon genggam bukan menjadi hal yang baru, melihat contoh diatas, generasi yang cerdas akan dapat kita wujudkan karena informasi terus berjalan disetiap waktu.

(Vilya Lakstian C.M)

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter