Sea Quill Blog Contest

Seoconia - Acer Iconia SEO Contest
Internet Sehat

Menjadi Mahasiswa yang Bijaksana

Halloo... Apa kabar? Pasti menjadi hari yang menyenangkan ya.. Untuk teman-teman yang telah diterima di universitas idaman. Hati yang riang ini sebaiknya diimbangi dengan sikap yang bijaksana. Jangan sampai anda terlena dengan universitas populer idaman dan melupakan tujuan inti dari kuliah. Beberapa poin dalam artikel ini bisa membantu mencerahkan kembali.
Cek identitas
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan dan ketepatan identitas anda di kampus. Sambil mengisi KRS (Kartu Rencana Studi), liat dan periksa dengan cermat nama, NIM, jurusan, prodi. Begitu jga informasi diri di akademik. Hal ini akan membantu dalam menghindari kekeliruan data saat sudah kuliah aktif.
Kenal lebih dekat
Kenali kampus baru anda seperti lokasi gedung, rute dan kegiatan mahasiswa. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bisa menambah keahlian anda di institusi yg terpercaya dibawah pengawasan universitas. Jangan lupa juga kenali dosen yang akan membimbing anda. Mengenal staff akademik juga perlu untuk memperlancar urusan anda di kampus baik administrasi, beasiswa, skripsi dan lain-lain.
Kembali ke tujuan awal
Setelah anda sudah memasuki kegiatan perkuliahan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Jangan terpengaruh dengan gaya "kuliahan" yang malah membawa anda dalam daftar mahasiswa abadi. Belajarlah dengan tekun. Berusahalah untuk bisa lulus cepat dengan nilai cumlaude (sempurna). Cepat kerjakan skripsi, daripada diundur-undur, malah malas yang akan datang. Bagaimanapun birokrasi kampus, tetaplah semangat. Staff akademik akan menilai kredibilitas anda sebagai mahasiswa yang serius. Tidak ada waktu santai saat ini. Ya, memang hidup itu tidak bisa santai. Buat orang tua anda bangga.
Beasiswa
Dukung semangat kuliah anda dengan beasiswa. Ada berbagai beasiswa yang ditawarkan seperti beasiswa prestasi akademik, beasiswa bagi yang kurang mampu atau beasiswa kursus di luar negeri bagi yang ingin merasakan pengalaman kuliah singkat di negeri seberang. Beasiswa ini biasanya dikeluarkan oleh kampus, Dikti, Kemendiknas atau donatur lainnya.


Semangat mahasiswa!!

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter