Sea Quill Blog Contest

Ulang Tahun ke 200 Tahun Charles Darwin

Hari ini, 12 Februari 2009 merupakan hari tepat 200 tahun Sang Ilmuwan dengan teorinya yaitu Teori Evolusi ini lahir. Tepatnya tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Shropshire, Inggris. Dia adalah putra dari seorang Intelektual terkenal di Inggris pada abad itu yaitu abad ke 18, Erasmus Darwin. Charles Darwin ini ternyata awalnya merencanakan untuk masuk Universitas Kedokteran tapi akhirnya dia memilih untuk masuk ke Teologi di Universitas Cambridge. Setelah itu dia mengadakan ekspedisi ilmiah yang akhirnya ekspedisi ini akan membawa perubahan besar dalam sejarah Biologi dunia.
Ekpedisi Ilmiah ini diawali perjalanannya dengan Kapal HMS Beagle pada tahun 1831. yang menjadi inspirasi beliau untuk melakukan perjalanan ini adalah setelah beliau membaca buku karya Charles Lyell yaitu “Prinsip-Prinsip Geologi”. Dibuku ini dijelaskan bahwa fosil-fosil yang ditemukan dibebatuan adalah hewan yang hidup pada jaman dahulu.
Tibalah beliau di Kepulauan Galapagos, 800 kilometer dari barat Amerika Selatan. Di kepulauan itu terdapat burung Finch, yaitu sejenis burung kutilang yang berbeda-beda ciri fisiknya di setiap pulau. Pada penelitian ini ditemukan perbedaan fisik ini melalui bentuk paruh setiap Burung Finch disetiap pulau. Ada yang berparuh kecil, besar, lancip dan lain-lain. Ini menjadikan teori Darwin bahwa bentuk-bentuk fisik hewan akan terbentuk melalui penyesuaian dari lingkungan sehingga akan tampak berbagai perbedaan yang bertujuan untuk mempertahankan hidup. Perbedaan Burung Finch ini bertujuan untuk mendapatkan makanan. Ini dinamakan “Seleksi Alam”. Ilmuwan lain yaitu Alfred Russel Wallace juga memiliki anggapan yang sama.
Pada tahun 1859, Charles Darwin menerbitkan Buku “On the Origin of Species by Means of Natural Selection” yaitu asal-usul suatu spesies berasal dari seleksi alam. Dari perjalanan ilmiahnya yang begitu panjang, Darwin menyimpulkan bahwa :
1. Evolusi Terjadi di Alam.
2. Perubahan evolusi terjadi secara lamadari ribuan hingga jutaan tahun.
3. Evolusi adalah suatu proses yang disebut seleksi alam.
4. Berbagai Species yang hidup sekarang berasal dari kehidupan asli tunggal.
Buku ini sangat terkenal. Tetapi yang menjadikannya kontroversial adalah anggapan bahwa manusia berasal dari hewan yaitu kera yang telah berevolusi. Teori ini juga mendapatkan pertentangan dari berbagai pihak apalagi Timur Tengah. Teori ini berarti menepis kepercayaan bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan. Disisi lali dia juga mendapatkan dukungan dan menjadi ortodoks baru.
Charles Darwin wafat pada tanggal 19 April 1882 dan dimakamkan di Westminster Abbey, London dengan ilmuwan inggris terkenal lainnya. Ternyata Teori evolusi ini telah bertahan selama 150 tahun ditengah berbagai kritik dan kecaman.
Category: 0 comments

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter