Sea Quill Blog Contest

Jaman Dulu Itu Keren

Disini bukan berarti kita hanya melihat kebelakang saja, menganggap apa yang terjadi di masa lalu adalah yang terbaik dan tidak melihat kedepan, tetapi masa lalu adalah sumber motivasi kita dalam melangkah kedepan. Peristiwa yang terjadi, tokoh-tokoh masa lalu yang memberikan teladan dan mampu mengubah dunia, dan hal positif lainnya.

Perilaku orang dahulu dimana mereka mencari penemuan-penemuan yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan adalah perilaku yang memiliki nilai plus karena apa yang telah ditemukan akan menjadi sebuah dasar pemikiran dalam menjalani berbagai kebutuhan dan kegiatan lain. Selain itu jasa-jasa mereka menjadi dikenang.

Dengan masih ada peralatan-peralatan yang masih sederhana, mereka berusaha untuk menghasilkan peralatan yang mudah, cepat dan membantu dalam aktivitas mereka. Seperti ditemukannya listrik, yang telah mengubah dunia dari kegelapan. Listrik, hanya ada satu benda, tetapi manfaatnya begitu luas. Semua peralatan elektronik membutuhkannya. Listrik seperti sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan.

Ada penemuan lain seperti pesawat terbang yang ditemukan oleh Wilbur dan Orville Wright atau Wright Bersaudara. Ini adalah perwujudan dari keinginan manusia didunia untuk bagaimana mereka dapat pergi dari satu tempat ketempat lain dengan waktu yang sangat singkat tanpa terpengaruh oleh medan. Sebelumnya, ditemukan Zapellin sesuai dengan nama penemunya dengan tujuan yang sama. Zapellin adalah alat transportasi udara yang menggunakan seperti balon besar diatas tempat penumpang yang berisi gas. Zapellin sempat digunakan dalam aktivitas Perang Dunia dan transportasi. Namun, ini masih dianggap berbahaya karena potensi gas untuk meledak sangat besar. Seperti kejadian perjalanan jarak jauh antar benua yang pendaratannya dilakukan di San Fransisco, Amerika Serikat karena balon besar ini terbakar. Tetapi kegagalan semakin membuat orang-orang dulu untuk terus mencari dan menggali lebih dalam agar dapat menciptakan sebuah penemuan yang dapat digunakan untuk generasi berikutnya. Lalu Wright Bersaudara lah yang melanjutkan penemuan transportasi udara dengan menemukan pesawat terbang. Inilah naluri keingintahuan mereka sangat besar dibandingkan sekarang.

Mereka juga ada yang sedang mencari identitas. Seperti adanya beberapa paham yang dimiliki setiap negara. Ada paham sosialis yang dianut oleh negara-negara seperti Rusia dan Kuba. Paham ini menekankan kebersamaan. Sehingga kebebasan individu kurang diperhatikan. Mereka yang kaya membagikan hartanya pada orang lain, “Milikmu, adalah milik Kita”.

Paham Liberalis, paham yang menekankan kebebasan dan menjunjung tinggi hak individu. Paham ini dianut oleh negara-negara seperti Amerika Serikat dan Eropa. Dengan adanya kebebasan individu ini, membuat rakyat menjadi makmur. Tetapi kesenjangan sosial begitu mencolok. Karena mereka yang kaya misalnya akan tetap kaya, dan yang miskin sulit untuk berubah.

Indonesia memiliki paham Demokrasi Pancasila, yaitu paham yang tidak membela blok manapun, baik Liberal maupun Sosialis. Ini adalah demokrasi asli dari Indonesia. Karena dari sejarah menunjukkan bahwa paham lain tidak cocok untuk masyarakat Indonesia yang majemuk. Paham Liberal dan Sosialis selalu bentrok, seperti terjadinya perang urat syaraf antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet, yaitu “Perang Dingin”. Kemenangan sekutu dalam Perang Dunia 2 telah membuat mereka saling menunjukkan kelebihannya untuk menunjukkan siapakah yang menjadi super power dan menjadi negara nomor satu dalam memenangi perang dunia kedua.

Kita juga tidak lupa untuk selalu meneladani pahlawan nasional yang gigih melawan penjajah di bumi Indonesia yang terbukti telah banyak menyengsarakan rakyat. Ada banyak bentuk penyiksaan oleh penjajah. Seperti adanya kerja rodi, yaitu kerja paksa yang tidak dibayar dan tidak diberi makan. Ada juga tanam paksa, yang dilakukan oleh Hindia Belanda dengan menyuruh rakyat untuk menanam tanaman yang laku dipasar, ini menjadi jauh lebih buruk karena peraturannya diselewengkan seperti besarnya bagian tanah rakyat untuk ditanam yang semakin diperluas dan meningkatnya pajak rakyat. Tapi yang namanya kebaikan pasti akan menang, VOC (Perserikatan dagang milik Hindia Belanda) ditutup karena pegawainya banyak yang korupsi.

Pahlawan kita selalu non kooperatif dengan tidak mau bekerja sama dengan penjajah, mereka selalu mengecam tindakan-tindakan penjajah. Dan melakukan perang, meskipun masih mengunakan senjata sederhana, tetapi mereka memiliki keberanian yang luar biasa untuk menghabisi penjajah. Ada beberapa pahlawan nasional yang begitu dikenang masyarakat seperti Diponegoro, Imam Bonjol, Hasanudin, Cut Nyak Dien, Ngurah Rai, Ki Hajar Dewantara yang mewujudkan pendidikan bagi masyarakat , dan Kartini yang telah berjuang dalam mewujudkan persamaan hak kaum perempuan agar setara dengan kaum laki-laki pada umumnya seperti dalam mendapatkan pendidikan

Lakstian

Email : catra_sanchez@yahoo.com

0 comments:

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter