Sea Quill Blog Contest

WOC Perwujudan Kepedulian Kelautan Dunia

Pada tanggal 11 Mei lalu telah dibuka WOC ( World Ocean Conference ) di Manado, Sulawesi Utara-Indonesia. Acara ini dibuka oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Konferensi ini berlangsung selama 5 hari yaitu 11-15 Mei 2009 bertempat di Grand Kawanua, Manado.
Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah konferensi internasional ini dimana telah diikuti banyak Negara-negara dunia yang ikut peduli terhadap laut. Konferensi ini sangat begitu penting selain untuk strategi Indonesia dalam menjaga kelestarian lautnya, juga untuk menggugah kesadaran dunia dimana kelestarian laut ini juga dipengaruhi oleh masyarakat pesisir. Jika masyarakat pesisir memiliki kesadaran akan pentingnya melestarikan laut, pasti pelestarian ini akan mudah diwujudkan.
Konferensi ini menghasilkan Deklarasi Manado yang berisi 14 paragraf pembukaan dan 21 paragraf operasional. Delegasi Indonesia telah berusaha untuk menduniakan Deklarasi Manado ini, dengan cara mengangkat Deklarasi Manado kedalam COP-15 di Kopenhagen dimana di konferensi tersebut juga mengangkat isu iklim dunia.
Sungguh menjadi kebanggaan untuk Indonesia karena telah sukses menjadi tuan rumah suatu konferensi tingkat internasional dan dengan delegasinya yang professional mampu menduniakan Deklarasi Manado. Dengan konferensi kelautan pertama di dunia ini, kita akan mendapat dukungan dari dunia untuk selalu menjaga sumber daya laut dunia yang sangat melimpah, sehingga jangan sampai sumber daya ini diambil alih oleh tangan-tangan kotor yang hanya ingin mencari keuntungan dan juga untuk menghindari dampak-dampak yang akan terjadi dari pemanasan global yang makin hari sudah dapat kita rasakan akibatnya.

Lakstian
Email : catra_sanchez@yahoo.com
Category: 1 comments

1 comments:

blogartik mengatakan...

jaga tu laut, salam kenal ya bos,.. tukeran link , ya mas

Mengenai Saya

Foto saya
The writer has attention towards Linguistics. It makes him focus on Linguistic research since he was in Bachelor Degree. He is now studying in Master of Linguistics. He is a researcher staff and Literature Division in "Balai Penelitian dan Kajian Sosial". He always watches and participates in many events, then writes them in this blog. He also develops his talent in music with Solo Jazz Society, a Jazz community in Solo, Indonesia. So, enjoy....!! Thanks

Lakstian on Twitter

Follow vilyalakstian on Twitter

Partners

Chat


ShoutMix chat widget

Who's visiting here?

Watch the time...


counter